Video Highlight Kroasia 2 vs 1 Inggris, Hasil Semi Final #2 Piala Dunia 2018

Hasil pertandingan semifinal Piala Dunia 2018 antara Kroasia vs Inggris di Stadion Luzhniki Moskow hari Kamis (12/7) dinihari ditutup dengan skor akhir 2-1. Kroasia lolos ke babak Final Piala Dunia 2018

Skuad Inggris yang sudah unggul terlebih dahulu dari Kroasia melalui gol cepat Kieran Trippier di menit ke-5 akhirnya gagal mempertahankan keunggulan mereka, gol Ivan Perisic dan Mario Mandzukic menghentikan perjalanan mereka di ajang Piala Dunia 2018.

Babak Pertama, Gol Cepat Kieran Trippier

Pertandingan babak pertama antara Kroasia vs Inggris pun dimulai, dan gaya sepakbola Inggris pun langsung terlihat, Henderson langsung melanggar Luka Modric.

Inggris tampak dominan di menit-menit awal pertandingan dan mereka pun mendapatkan peluang pertama di menit ke-5 usai pelanggaran yang dilakukan oleh modric terhadap Dele Alli di tepi kotak penalti.

Kieran Trippier menjadi eksekutor tendangan bebas dari jarak 18 meter di luar kotak penalti. Full back ini melepaskan tendangan, bola melengkung melewati atas pagar betis Kroasia dan … GOOOOLLLLL!!! Kiper Subasic berusaha melompat meraih bola yang diarahkan ke pojok kiri atas gawang Kroasia, namun gagal! Skor 0-1 Inggris memimpin!

Sebagai catatan, gol Trippier ini menjadi gol pertama melalui tendangan bebas langsung yang dilakukan pemain Inggris semenjak terakhir kali dilakukan oleh David Beckham di tahun 2006 di ajang Piala Dunia.

Kroasia berusaha bangkit mengejar ketertinggalan, namun skuad Inggris tak mengendurkan tekanan mereka, masih terlalu dini untuk bermain aman.

Di menit 15 Trippier kembali mengirimkan ancaman dan kali ini ia mengirimkan umpan lambung ke dalam kotak penalti, Maguire melompat untuk melepaskan sundulan, namun bola masih melebar tipis!

Di menit 19 peluang emas pertama bagi Kroasia, Perisic mendapatkan ruang untuk menerobos masuk dari sayap kanan, mengarah ke gawang Inggris dan melepaskan tembakan. Bola sempat membentur Walker namun masih gagal menjebol gawang Inggris.

Dilanjutkan dengan Rebic yang lolos dari kejaran Young, ia merengsek masuk kotak penalti dan dengan sekuat tenaga melepaskan tembakan, Stones berhasil memblok bola!

Menit 23 Perisic kembali mengancam, ia melaju dari tengah lapangan masuk kotak penalti, tembakan dilepaskan namun kali ini bola melebar dari gawang Jordan Pickford.

Menit 29 Harry Kane nyaris menggandakan keunggulan Inggris, ia melepaskan tembakan dari sudut yang sulit namun bola berhasil ditepis Subasic, bola liar kembali dihajar namun kali ini melambung.

Dibalas oleh Kroasia semenit kemudian, dari sayap kanan Rebic mengirimkan umpan berbahaya ke dalam kotak penalti, Stones menyapu bola, bola kembali ke Rebic. Rebic melepaskan tembakan , kiper Pickford berhasil mengamankan bola.

Menit 35 Skuad Inggris melakukan serangan counter-attack, Kane mengirimkan bola kepada Alli di sayap kiri, bola diteruskan ke Lingard di tepi kotak, tendangan dilepaskan namun bola melebar.

Vrsaljko tampaknya frustasi karena kesulitan menembus pertahanan Inggris, alhasil di menit 43 dia melepaskan tembakan spekulasi dari jarak jauh, bola melambung tinggi ke angkasa.

Babak pertama pun berakhir Inggris masih unggul satu gol atas Kroasia saat memasuki waktu turun minum.

Babak Kedua, Ivan Perisic Samakan Kedudukan Memasuki babak kedua skuad Inggris belum menurunkan tempo permainan mereka, jual beli serangan antara kedua kubu berlanjut.

Mario Mandzukic mendapatkan kartu kuning pertama di laga ini usai melanggar Walker. Walker lumayan harus bekerja ekstra keras mengejar Rebic yang terus mengirimkan ancaman dengan crossingnya, ia pun terpaksa menjatuhkan Rebic dan menghasilkan kartu kuning.

Menit 56, Harry Kane mengirimkan bola kepada Sterling, dan oleh Lingard diteruskan dengan tembakan. Vida berhasil membelokkan bola melintas atas gawang Kroasia.

Inggris benar-benar dibuat kerepotan oleh serangan pemain Kroasia, Luka Modric mengirimkan crossing ke dalam kotak penalti di menit 64, bola disapu namun jatuh ke kaki Perisic di tepi kotak penalti. Tembakan dilepaskan dan on target, Walker menggunakan badannya untuk melakukan blok! Kroasia memanas!

Menit 68, GOOOOOOOLLLL IVAN PERISIC! Kroasia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1! Perisic mengalahkan Walker saat hendak menyambut crossing kiriman Vrsaljko, Walker hendak menyundul bola namun Perisic mendahuluinya dengan sontekan, kaki Perisic nyaris mengenai kepala Walker, bola menjebol gawang Pickford di pojok bawah!

Menit 70 Perisic nyaris membuat Inggris tertinggal, pemain Inggris kalang kabut di lini pertahanan mereka, Stones gagal menghalau bola, Perisic melepaskan tendangan kaki kiri dan bola menghajar tiang gawang!

Menit 79 Serangan balik Inggris dilakukan oleh Marcus Rashford dari sayap kiri, lolos dari sergapan beberapa pemain Kroasia dan bola ia kirimkan ke Kane. Sang kapten Timnas INggris ini meneruskan bola kepada Henderson, bola dikirimkan ke Lingard namun membentur dan kembali ke Henderson, tembakan voli dilepaskan dan bola melambung tipis!

Mario Mandzukic mendapatkan ruang untuk menerobos dari sayap kanan, bola ia kirimkan kepada Brozovic, tembakan dilepaskan namun Pickford berhasil mengamankan bola.

Menit 90+2, Trippier mengirimkan bola ke dalam kotak penalti Inggris melalui sebuah tendangan bebas, Kane menyambutnya dengan sundulan, namun bola melambung di atas gawang Kroasia.

Waktu normal 90 menit pun berakhir, pertandingan antara Kroasia vs Inggris dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Babak Extra Time Kroasia vs Inggris

Pertandingan pun berlanjut, Sejumlah pergantian pemain dilakukan oleh kedua kubu. Pivaric menggantikan Strinic, Dier menggantikan Henderson, dan Kramaric masuk menggantikan Rebic.

Di menit 99 Stones melompat tinggi saat menyambut crossing Trippier di dalam kotak penalti, sundulan keras ia lepaskan mengarah ke kanan gawang Kroasia, namun ada Vrsaljko di mulut gawang untuk menghalau bola dengan sundulannya!

Menit 105+2 Jordan pickford melakukan penyelamatan spektakuler! Perisic mengirimkan pass ke mulut gawang Inggris, Mandzukic mengejar bola dan sempat melakkukan kontak dengan kaki kanannya, namun Pickford sukses menghadang bola!

Babak extra time kedua, untuk sementara Kroasia menguasai bola, mereka dengan sabar mencoba membongkar pertahanan Inggris.

Pemain Inggris tertidur! Brozovic mengirimkan passing kepada Modric, beruntung tembakannya masih melambung di atas mistar gawang!

Menit 109, GOOOOOOOLLL MARIO MANDZUKIC!!! Kroasia memimpin 2-1 atas Inggris! Crossing dihalau oleh pemain Inggris, bola melambung tinggi dan disundul kembali oleh Perisic masuk kotak penalti, Mario Mandzukic lolos dari penjagaan Stones dan melepaskan tendangan keras menjebol gawang Pickford!

Jamie Vardy masuk menggantikan Kyle Walker, skuad Inggris kini berusaha mati-matian menyamakan kedudukan sedangkan Kroasia berusaha maksimal untuk mengulur waktu.

Trippier tampak kesakitan karena kram, ia terpaksa dipinggirkan, kini Inggris hanya bermain dengan 10 orang di menit-menit terakhir pertandingan. Bedelj masuk menggantikan Luka Modric, Corluka masuk menggantikan Mandzukic.

Peluang terakhir Inggris dari tendangan bebas, Marcus Rashford melepaskan tendangan, bola diarahkan ke dalam kotak penalti Kroasia, dan bola dihalau pemain Kroasia!

Dan wasit pun meniup peluit panjang mengakhiri pertandingan, hasil Kroasia vs Inggris ditutup dengan skor akhir 2-1. Kroasia melaju ke babak final Piala Dunia 2018 melawan Prancis!

Susunan Pemain Kroasia vs Inggris

Kroasia (4-1-4-1): Danijel Subasic; Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strinic; Marcelo Brozovic; Ante Rebic, Luka Modric, Ivan Rakitic, Ivan Perisic; Mario Mandzukic. Cadangan: Dominik Livakovic, Vedran Corluka, Mateo Kovacic, Andrej Kramaric, Lovre Kalinic, Tin Jedvaj, Filip Bradaric, Duje Caleta-Car, Milan Badelj, Marko Pjaca, Josip Pivaric.

Inggris (3-4-1-2): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire; Jordan Henderson; Kieran Trippier, Jesse Lingard, Dele Alli, Ashley Young; Raheem Sterling, Harry Kane. Cadangan: Danny Rose, Eric Dier, Jamie Vardy, Jack Butland, Danny Welbeck, Gary Cahill, Phil Jones, Fabian Delph, Marcus Rashford, Ruben Loftus-Cheek, Trent Alexander-Arnold, Nick Pope.

Head-to-head Kroasia vs Inggris

  • Mereka pernah bertemu satu kali sebelumnya di turnamen besar, Inggris menang 4-2 dalam pertandingan penyisihan grup di Euro 2004.
  • Ini akan menjadi pertemuan ketujuh mereka secara keseluruhan; Inggris menang empat kali, Kroasia dua kali, dengan sekali imbang.
  • Kemenangan terakhir Kroasia melawan Inggris adalah skor 3-2 di Wembley pada November 2007, mengakhiri harapan Inggris untuk lolos ke Euro 2008.
  • Enam dari tujuh pertandingan sebelumnya juga telah dimainkan pada hari Rabu.

Harry Kane vs Rakitic

Data dan Fakta Kroasia

  • Ini adalah semifinal kedua Kroasia di ajang Piala Dunia setelah empat penampilan terakhir, dengan debut mereka pertama kali pada turnamen ini tahun 1998.
  • Mereka lolos ke semifinal setelah menang adu penalti di babak 16 besar melawan Denmark dan adu penalti perempat final melawan Rusia. Satu-satunya tim lain yang memenangkan dua adu penalti dalam satu Piala Dunia adalah Argentina pada tahun 1990 (melawan Yugoslavia dan Italia).
  • Satu-satunya kekalahan mereka dalam enam laga sistem gugur Piala Dunia adalah saat melawan Prancis pada semifinal 1998.
  • Itu adalah satu-satunya kekalahan Kroasia dalam delapan pertandingan Piala Dunia melawan oposisi Eropa (W5, D2).
  • Hanya tiga dari 10 gol terjadi melalui bola-bola mati, lainnya berasal dari open play.
  • Namun, tiga dari empat gol kebobolan yang mereka derita berasal dari bola mati.
  • Mereka tidak terkalahkan dalam sembilan pertandingan kompetitif terakhir mereka sejak kalah 1-0 dari Turki pada September 2017.
  • Kroasia memiliki delapan pencetak gol yang berbeda di Piala Dunia ini; hanya Belgia memiliki lebih banyak pencetak gol (9).

Data dan Fakta Tim Inggris

  • Ini adalah semifinal ketiga Inggris di Piala Dunia. Yang pertama usai dengan kemenangan 2-1 atas Portugal pada 1966 dan yang kedua kalah dengan adu penalti melawan Jerman Barat pada 1990.
  • The Three Lions telah kehilangan tiga semifinal terakhir mereka di turnamen besar (Euro 1996 vs Jerman, Piala Dunia 1990 vs Jerman Barat dan Euro 1968 vs Yugoslavia).
  • Koleksi 11 gol Inggris saat ini telah menyamai total tertinggi mereka di Piala Dunia, yang tercapai pada tahun 1966.
  • Setelah kehilangan tiga laga Piala Dunia berturut-turut, Inggris hanya kalah satu dari enam pertandingan terakhir mereka (W3, D2).
  • Inggris belum prnah berhasil mengalahkan dua negara Eropa sekaligus dalam satu Piala Dunia sejak 1982, ketika mereka mengalahkan Cekoslovakia dan Prancis.
  • Mereka kehilangan hanya dua dari 30 laga kompetitif terkininya (W22, D6) sejak kehilangan dua pertandingan pertama mereka di Piala Dunia 2014.
  • Delapan dari 11 gol Inggris terjadi melalui bola-bola mati, yang terbanyak dalam satu Piala Dunia sejak Portugal pada 1966.
  • Empat dari gol mereka terjadi melalui sepak pojok. Tiga tim terakhir yang mencetak empat atau lebih gol dari tendangan sudut di Piala Dunia telah memenangkan turnamen tersebut – Jerman pada 2014, Italia pada 2006 dan Prancis pada 1998.
  • Total gol Inggris dari lima pencetak gol yang berbeda adalah yang terbanyak bersama dengan 1954, 1998 dan 2002.
  • Harry Kane adalah tops skor Piala Dunia sejauh ini dengan enam gol. Pada sembilan Piala Dunia sebelumnya, hanya Ronaldo (delapan untuk Brasil pada 2002) yang mencetak lebih banyak.
  • Tidak ada pemain Eropa yang telah mencetak tujuh gol dalam satu Piala Dunia sejak Polandia Grzegorz Lato (7) pada tahun 1974, sementara tidak ada pemain Eropa yang telah mencetak delapan gol sejak Gerd Muller (10) untuk Jerman Barat pada tahun 1970.

Updated: