Xiaomi Redmi Note 4 ★ Android Pie (Android 9.0) ★ Everything Works!

Hot!: Even Mi 3 and Mi 4 also gets Android Pie

Ponsel cerdas buatan Xiaomi termasuk dalam salah satu yang paling diminati di forum xda. Umumnya karena harga yang terjangkau namun dengan fitur yang cukup layak dibanding kompetitor-nya. Adalah Redmi Note 4 yang punya layar 5.5 inchi dengan tampilan FHD, Snapdragon 626, dan kapasitas baterai 4.100 mAh yang jadi salah satu ponsel paling affordable tahun 2018.

Saat diluncurkan ke pasaran, Redmi Note 4 memakai Android Marshmallow yang kemudian menadapatkan update Android Nougat. Dan sekarang berkat salah satu member forum XDA, pemilik Redmi Note 4 bisa merasakan Android Pie lewat ROM hasil porting dari abhishek987. Istimewanya, meskipun merupakan hasil porting, ROM Android 9 untuk Redmi Note 4 ini bebas masalah dan bisa berfungsi dengan baik.

Yo-i coy, tak lebih dari 2 minggu sejak Android Pie dirilis untuk Pixel dan Pixel 2, Xiaomi Redmi Note 4 bisa dipasangi rom porting unofficial dari Android 9. Ini bisa jadi karena cepatnya source code untuk Android 9 diunggah ke repositori AOSP, hanya benerapa jam setelah resmi dirilis.

Bebas Bugs dan Lancar

Dalam trit dukungan untuk ROM porting ini tidak disebutkan satupun bugs. Meskipun demikian, bukam berarti tak ada. Ini karena selama pemakaian, sang porter belum menemukan bugs yang berarti semisal camera force closed yang sangat umum saat melakukan porting ROM.

Jika kamu pemilik Redmi 4 Note dan ingin segera merasakan bagaimana rasanya memakai Android 9, kamu bisa memasang ROM porting Android Pie ke ponsel kamu. Silahkan cek ke tutorial dan langkah memasang Android (9.0) Pie di trit dukungan xda. Ingat! Pastikan untuk tetap berhati-hati dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan dengan teliti agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Download Android 9.0

Recipe
TWRP ¹) Mido
Android 9.0 Pie for Xiaomi Redmi Note 4
GApps Android 9.0

¹) TWRP untuk Treble build, tapi bisa dipakai untuk lainnya.

ROM porting Android 9.0.0 untuk Xiaomi Redmi Note 4 ini bukanlah satu-satunya ROM yang “mendekati stabil”. Dalam waktu dekat, akan muncul lagi beberapa ROM lain yang bermunculan ketika sumber pengembangan GSI resmi tersedia untuk Project Treble atau developer bisa membangun source AOSP untuk device tertentu. Tunggu saja, mifansLa akan memberi update custom ROM jika sudah tersedia.

Leave a Comment