INFO: MIUI MultiROM sudah MATI, MIUI PRO? Tak Gratis Lagi!

2 Kustomasi ROM MIUI paling ngetren dan populer; MIUI Pro dan MultiROM sudah tak lagi bisa diakses dengan mudah. Dalam kasus MultiROM, developer dan maintainer rom ini sudah menyatakan tak melanjutkan lagi pengembangan rom. Sedangkan untuk MIUI PRO, sejak pindah domain miuipro.info, kelompok developer belarusia ini membatasi unduhan ROM hanya kepada donatur saja. Admin situs Mifans LA masih cukup beruntung, karena masih memiliki link mirror G-Drive saat MIUI Pro masih memakai domain miuipro.by, tentu saja tidak terlalu update. Setidaknya yang ada dalam daftar adalah ROM MIUI Pri Stabil berbasis MIUI 9 China Stabil.

Bisa jadi, alasan mundurnya developer MultiROM adalah karena sudah ada dukungan bahasa Rusia yang diberikan oleh developer MIUI Official distrubusi Global en.miui.com. Versi terakhir yang dikustomasi oleh MultiROM adalah versi MIUI Beta 8.7.7. Kalian yang masih ingin memakai MIUI Multirom, bisa mengunduh di situs arsip untuk versi terakhir maupun sebelumnya, meskipun tak lagi mendapatkan update.

Tak senyaman dulu, admin masih ingat bahwa ada satu lagi grup pengembang rusia yang seangkatan dengan MIUI pro maupun Multirom yakni MIUISU (karena alamat situs grup ini memakai domain: miui.su :p ). Jadi, sebagai pengganti kedua ROM MIUI custom yang sudah MATI itu, kamu bisa memakai MIUI Russia atau yang admin sebut sebagai MIUI-SU

Comments