Redmi 3 (codename: ido) merupakan product Xiaomi paling banyak beredar di Indonesia dengan ROM yag dimodifikasi oleh distributor. ROM hasil modifikasi ini pun biasa disebut ROM distributor. Beberapa bahkan menyebutnya sebagai ROM abal-abal karena disisipi adware alias aplikasi penampil iklan.

TKDN Xiaomi Redmi 3

Tujuan dari modifikasi ini sebenarnya agar Redmi 3 bisa menerima sinyal 4G di Indonesia. Ini karena Redmi 3 termasuk produk yang tidak memenuhi TKDN. Meskipun punya kelebihan bisa menikmati 4G LTE, kelemahan paling menyebalkan dari ROM tidak resmi ini adalah menjdikan performa Redmi 3 sangat lemot, beberapa penuh dengan iklan dan yang paling parah adalah tidak bisa dapat update baik secara otomatis (OTA) maupun manual (Recovery)

Karena itulah beberapa waktu belakangan bermunculan mod atau patch 4G untuk ROM Global Stabil. Tujuannya agar tetap bisa menikmati layanan 4G di Indonesia saat sudah memakai ROM official dari Xiaomi. Meskipun masalah gak bisa di update OTA masih ada, setidaknya sudah dapat di update manual. Selain itu, Redmi 3 yang sebelumnya penuh iklan kini tidak lagi muncul iklan. Performa pun menjadi normal dan tidak lemot lagi.

Mod / Patch / Fix 4G LTE Systemless

Lalu bagaimana untuk mengatasi masalah tidak bisa update OTA? solusinya harus pakai mod patch atau fix 4g systemless dengan memanfaatkan Magisk Systemless Interface. Mengenai Magisk dan cara instalasinya bisa di baca di artikel ini.

Setelah Magisk terpasang pada ROM Global dan belum pernah di modifikasi partisi system-nya, seharusnya masih bisa memasang update OTA. Untuk tetap menjaga hal ini, maka untuk FiX 4G harus memakai Magisk Module 4G Enable for ido agar system tetap tak tersentuh.

Download Module Systemless 4G Enabler

Silahkan download modul untuk rom Global Stable 8.5.2.0 dari link di bawah:

Server 1 atau Server 2

versi sebelumnya: 4G Enable Redmi 3 (ido) Global Beta 7.9.15 MIUI 9

Server 1 atau Server 2

Update Fix: 4G Enable Redmi 3 / Prime (ido) Global Beta 7.10.12 MIUI 9 sudah tersedia!. Silahkan unduh dari link di bawah:

Server 1 atau Server 2

Update MIUI pro

Untuk MIUI pro 7.11.2:

Server 1

Instalasi Module

  • Buka Magisk Manager
  • Pilih menu Modules
  • Klik tombol + dalam lingkaran kuning
  • pilih file 4GEnable-xxx.zip
  • tunggu proses selesai dan reboot

Alternatif: bisa juga memasangnya melalui TWRP recovery seperti saat flashing ROM Custom.

Selesai. Dengan menggunakan 4GEnable for Redmi 3 ini 3 masalah utama yakni: 1. banyk iklan, 2. hape lemot dan 3. gak bisa update akhirnya bisa terselesaikan.

Punya device Xiaomi lain yang tidal muncul jaringan 4G nya? Coba cari Fix 4G Systemleslainnya. Tidak ketemu juga? Silahkan request di kolom komentar.

Comments