Oreo is here!! Redmi 1S yang termasuk hape lejen bingit ini dapat update Oreo! Guendeng yo lur? Test build pertama OS Oreo untuk hape yang sering dikatakan sebagai embahnya hape Xiaomi ini sudah muncul di dalam list ROM Oreo AICP. Karena itulah saya tertarik untuk mencobanya di ponsel Redmi 1S, yang sebetulnya sudah diwarisi adik terkecil saya gaes…

Hampir gak percaya, hape umur 4th-an tetep dapet update Oreo. “Emmejing!” kata Tukul Arwana.

Kenalan dengan AICP

banner aicp

AICP adalah kependekan dari Android Ice Cold Project yang dimulai dengan pembuatan ROM untuk Desire HD dan sejak saat itu semakin berkembang menjadi ROM kustom yang semakin matang dan punya basis komunitas penggunanya sendiri seperti halnya Ressurrection Remix dan Mooke.

Sejak Lollipop, ROM ini selalu menggunakan AOKP sebagai basis pengembangannya. Sayang, AOKP kemudian berhenti mengembangkan ROM-nya unuk saat ini. Dan AICP pun beralih ke CM sebagai basis untuk pengembangan untuk fitur, driver, dan pengenalan hardware. Sedangkan mulai eisi AICP Oreo, ROM ini dekembangkan dari Lineage 15.0 sebagai basis yang artinya hampir bisa dikatakan sebagai Android Pure yang sederhana, aman dan lebih cepat dari rom lain.

Tapi ingat, karena ini masih Build stage awal, bisa dipastikan bahwa ROM ini masih belum layak untuk dipakai harian. Kalau sekedar icip-icip, bolehlah.

Install AICP Oreo Redmi 1S

Perhatian: Pastikan ROM yang kamu unduh sudah sesuai dan memang dioeruntukkan untuk hape kamu sebelum melakukan flashing. Karena bisa menjadikan ponsel kamu bootloop bahkan brick! Jika kamu yakin kamu bisa melakukannya, silahkan lanjut, tapi jangan pernah komplain jika terjadi sesuatu yang aneh pada hape kamu. Kamu sudah saya anggap bisa mengatasinya sendiri. Dan ingat baik-baik, ini bukan ROM MIUI jadi jangan terlalu berharap bahwa semua fitur berjalan sesuai keinginan kamu.

Okay, yuk kita mulai langkah-langkahnya sekarang.

baca proses instalasi berikut dengan seksama. Baca setidaknya satu kali sampai habis sebelum memulai.

Persiapan Instalasi

Jika kamu memasang ROM ini maupun ROM kustom lain, tentu kamu butuh custom recovery yang sudah terpasang. Yang paling populer untuk saat ini adalah TWRP. Jadi silahkan flash TWRP ke Redmi 1S dulu. Caranya?

1. Install TWRP, gunakan versi terbaru 3.1.1-0 unduh di sini.

2. Bagaimana cara TWRP? Mengingat ini hape lawas, sudah banyak sekali tutorial yang ada. Tapi kamu bisa mengikuti tutorial ini atau cara ini.

3. Flash Bootloader / Modem Kitkat. File zip ini berisi partisi bootloader dan file modem dari rilis rom terbaru global stabil: MIUI8 V8.0.1.0 KitKat. Jadi kamu tidak perlu mengunduh ROM dan memasangya ke Redmi 1S sebelum memasang AICP Oreo. Firmware 8.2.1.0.

Download ROM dan Pelengkapnya

Sekarang kamu tinggal mengunduh file ROM AICP beserta GAPS dan Magisk untuk pengatur superusernya:

  1. AICP Oreo Edition ROM (the latest): aicp_armani_o-13.0-UNOFFICIAL-20171030.
  2. GAPPS: OpenGapps ARM, 8.0 pico. Baca: Versi Lain GAPPS Oreo
  3. ROOT: Magisk 14.3. Baca: Penjelasan Magisk dan Kelebihannya

BACKUP itu PENTING!

Jangan pernah meremehkan sesuatu! Semudah dan seaman apapun prosesnya, lakukan backup agar mudah kembali ke kondisi sebelumnya!

Untuk itu, lakukan nandroid backup dengan TWRP dengan memilih tiga partisi penting: Boot, Data, dan System dari ROM kamu saat ini. Jika kamu punya Titanium Backup, Backup juga aplikasi kamu sebelum masuk TWRP. Untuk MIUI, bisa kamu lakukan backup dari: settings > additional settings > Backup & reset > Local backups.

Langkah Instalasi

  1. Unduh semua file yang kamu butuhkan dan simpan di SDCARD
  2. Masuk ke mode TWRP dan lakukan Full wipe. Ini penting dan harus dilakukan.
  3. Flash Firmware. hanya jika tidak dalam posisi ROM MIUI 8.2.1.0)
  4. Flash paket zip AICP ROM
  5. Flash Magisk, hanya kalau kamu ingin Redmi 1s kanu root
  6. Flash Gapps. Perhatian: Jangan pasang GAPPS setelah System Reebot dan berjalan jika kamu tak ingin Google play services banyak error and tidak bisa login ke Google server dengan baik
  7. Reboot System

Fitur yang Berfungsi dan Tidak?

Gaesss… Berhubung ROM ini masih tahap awal pengembangan, ada beberapa fitur yang berfunsibdan tidak.

Berfungsi Normal

1. Wi-Fi, mobile network berfungsi normal

  1. Sharing file dengan Bluetooth bisa jalan lancar.
  2. FM Radio maupun Spotify (radio/musik online) bisa betfungsi.
  3. Fitur Picture in Picture (PiP) bisa di pake.
  4. ROM sehalus paha artis korea, very smoot. Termasuk cepat untuk ukuran hape tuwir. Baterai juga gak boros-boros amat.
  5. Untuk sound, sepertinya lebih baik kalau pakai Viper sound mod!

Tidak/Belum berfungsi

beberapa fitur yang tidak berfungsi:

  • Kamera untuk saat ini. Kayaknya bakalan lama nih fix-nya, kayaknya bakalan balik ke rom sebelumnya. nah kan? backup itu penting gaes.
  • A2DP Bluetooth gak bisa di pake. Jadi mi bluethoot speaker-nya nganggur.
  • Kompas dan sensor lain gak fungsi. (?)
  • Ada pop-up yang cukup mengganggu di tiap reboot: Process system isn’t &responding.

Meskipun banyak hal yang belum berfungsi, akan tetapi rasanya dalam waktu dekat akan sangat banyak perbaikan-perbaikan yang akan diberikan oleh developer/maintainer AICP Oreo untuk Redmi 1S di forum XDA. Untuk update yang stabil kamu bisa cek langsung di situs official AICP di sini ya gaes..

Comments