Note: Bukan tidak mungkin ciri baru ini juga ada pada ponsel Xiaomi garansi distributor selain Redmi 5 Plus

Bagi sebagian besar mifans pasti sudah banyak sekali yang sudah paham dengan ciri-ciri ponsel Xiaomi garansi distributor yang memakai ROM MIUI abal abal. Diantaranya adalah memakai 4 titik dalam kode versi MIUI. Namun, sekarang muncul ciri baru yang lebih sulit dideteksi. Khususnya untuk ponsel tipe Redmi 5 Plus (codename: vince) yang kini punya ROM abal abal dengan angka di versi MIUI memakai 3 titik.

rom abal abal vince

Cerita bermula ketika ada salah satu kawan admin yang membeli Redmi 5 Plus garansi ditributor (bukan dari TAM), dan merasa lega setelah melihat nomor versi MIUI yang mempunyai tiga titik.

Namun anehnya, ponsel ini tidak pernah mendapat update, dan ada aplikasi sisipan beriklan (adware) yang mengganggu yang biasanya memang ada dalam rom abal abal, dan tidak bisa dihapus karena ada partisi system.

Sekilas, admin mifansLA juga menyangka ini bukan rom abal-abal. Namun karena merasa aneh dengan munculnya gejala gejala penyakit rom abal abal, admin pun melihat lebih teliti dan memukan sedikit kejanggalan pada kode huruf dari versi MIUI.

Pada Redmi 5 Plus, kode huruf seharusnya memakai huruf EG pada huruf kedua dan ketiga. sedangkan Redmi 5 Plus milik kawan admin memkai kode DF yang seharusnya dipakai pada ROM seri Redmi Note 5A Prime (codename: ugg)

perbandingan kode huruf versi miui

Silahkan cek sendiri pada halaman download ROM MIUI 9 Stable kemudian bandingkan antara kode huruf Redmi 5 Plus (vince) dan Redmi Note 5 (ugg) pada ROM MIUI 9 Global.

Dari situ admin mifansLA merasa yakin bahwa ROM Redmi 5 Plus yang dipakai adalah ROM abal abal meskipun mempunyai 3 titik dalam nomor versi MIUI-nya.

Kesimpulannya, ROM abal-abal punya ciri baru yakni kode huruf yang tidak sesuai dengan tipe ponselnya. Untuk itu kalian perlu membandingkan kode huruf pada nomor versi MIUI yang dipakai.

Kalian juga bisa melihat kode-kode ponsel lain di halaman ini dan memastikan bahwa ponsel kalian aman.

Comments