Mungkin kamu sudah tahu apa itu MD5 dan sering kamu pakai untuk memeriksa apakah file yang kamu unduh benar-benar sama dengan yanh berada di server. Namun, biasanya kamu perlu menggunakan tool hasher untuk PC komputer yang juga pernah saya bahas di artikel tentangtentang 10 software check file corrupt atau tidak.

Hash Checker di Android

Bagaimana kalau tidak punya PC? Tenang gaess, di Android juga ada aplikasi hasher. Mungkin kamu pernah dengar AFV - File Verifier for Android yang lumayan bisa diandalkan untuk urusan menghitung nilai MD5 dan SHA1 sebuah file. Satunya lagi ada MD5 Checker yang tampilanya lebih bersih. Kedua aplikasi tersebut tanpa iklan.

Tetapi, tahukah kamu bahwa aplikasi file manajer paling populer (khususnya bagi pengguna hape yang sudah root) sejagat raya; Root Explorer, punya fitur yang tersembunyi dan jarang yang memakai karena tidak sadar akan adanya fitur ini.

Menghitung MD5 Dengan Root Explorer

Fitur yang jarang disadari milik Root Explorer ini berada pada menu Properties. Bisa dipakai melihat nilai MD5 sebuah file untuk memeriksa apakah MD5 sebuah file itu sama dengan MD5 yang tercantum di situs download.

Untuk menggunakan fitur ini pada Root Explorer cukup mudah. Eh, Belum punya Root Explorer? Oke, download saja dari sini

Buka folder lokasi file yang ingin kamu periksa hash MD5-nya.

Tekan lama pada file yang ingin di periksa, dan pilih Properties
Sekarang lihat pada pop-up yang muncul. Perhatikan nilai **MD5** yang ada baris kedua dari bawah diatas nilai SE Content

Ahh, repot gan, terlalu susah di-ingat. Trik-nya: perhatikan saja 5 karakter di depan dan 5 karakter dibelakang dan bandingkan dengan MD5 di halaman download.

Download APK Hash File Checker

Tetep saja ribet. Iya deh… Namanya juga memanfaatkan fitur yang ada. Kalau pingin mudah ya download saja salah satu dari dua aplikasi yang saya rekomendasikan dari link di bawah ini:

Membandingkan nilai MD5 atau SHA1 sebuah file (terutama jika berhubungan dengan ROM) sangatlah penting. Jangan sampai proses penting yang kamu lakukan malah berhenti di tengah jalan gara-gara file korup. Apalagi kalau sampai bootloop/hardbrik. Jangan sampai deh..

Comments