Unlock Bootloader Xiaomi Tanpa Nunggu 360/720 Jam? Gampang!

Ini adalah salah satu masalah yang bikin kejang-kejang pemilik ponsel Xiaomi dengan garansi TAM, yakni harus sabar menunggu hingga akun bound (tertaut) selama 360 jam untuk dapat melakukan unlock bootloader. Berbeda dengan ponsel yang dijual oleh distributor tak resmi yang biasanya sudah dalam posisi unlocked, meakipun kadang harus rela menerima keadaan bahwa posel yang dibeli terpasang ROM abal-abal dengan segala citra negatifnya, termasuk dugaan status bootloader unlocked yang fake alias palsu alias cuma kosmetik.

UBL TAM 360 jam

Lalu, apakah ponsel yang dibeli dari distributor resmi (TAM) memang harus menunggu hingga 360 jam? Sebenarnya memang begitu luur. Namun ada trik jitu agar request unlock bootloader ponsel Xiaomi tanpa menunggu 360 jam yang sudah dicoba dan berhasil di beberapa ponsel Xiaomi.

Solusi untuk unlock bootloader boleh dikata gampang–gampang sulit bagi yang belum pernah melakukan unlock bootloader sebelumnya. Karena salah satu syaratnya adalah: sampeyan harus memiliki dua akun Mi yang berbeda dan harus sudah pernah request unlock bootloader secara resmi. Jika belum punya, silahkan request secara resmi dulu. Untuk saat ini permintaan ijin tak perlu menunggu lama, hanya sekitar 12 jam sudah menerima sms pemberitahuan telah diijinkan oleh Xiaomi.

Siapkan dulu dua akun Mi yang telah mendapat ijin unlock, cara ini memang tampak rumit, tetapi tak serumit itu kok luur… Selengkapnya bisa kalian ikuti langkah langkah berikut ini:

  1. Masuk ke menu Mi Account, tambahkan akun mi di Mi Unlock Status dalam pilihan Developer Option. Nonaktifkan ponsel Xiaomi kalian setelah berhasil menambahkan.
  2. Buka program MiFlash Unlock di PC atau laptop, dan login ke akun mi yang sudah ditambahkan ke ponsel Xiaomi pada langkah di atas.
  3. Naylakan ponsel yang tadi sudah nonaktif ke mode fastboot dengan cara menekan tekan vol – dan power bersamaan hingga muncul gambar mi bunny lagi nge-las.
  4. Hubungkan Xiaomi ke PC atau Laptop, kemudian klik Unlock pada program MiFlash Unlock, tunggu hingga muncul penanda waktu dengan keterangan Menunggu 720 jam atau Menunggu 360 jam.
  5. Cabut kabel USB, tekan tombol power hingga Xiaomi kalian menyala.
  6. Buka lagi Mi Account dan logout dari akun Mi pertama (hapus akun sebelumnya).
  7. Setelah sukses keluar atau logout. Masukkan akun Mi yang kedua. Setelah berhasil masuk, jangan lakukan apapun, langsung saja matikan ponsel xiaomi.
  8. Nyalakan lagi dalam mode fastboot
  9. Dalam Miflash Unlock, keluarkan juga akun Mi pertama, dan gunakan akun Mi yang kedua (akun yang juga terkait pada ponsel saat ini) untuk login.
  10. Hubungkan ke PC sekali lagi danlanjutkan proses membuka kunci dengan cara klik Unlock Tunggu saja hingga selesai.

Seharusnya, proses unlock yang kedua, indikator bisa mencapai 100% tanpa notifikasi menunggu 360 jam lagi.

Untuk kalian yang sudah pernah melakukan unlock bootloader namun masih menunggu 360 jam, sebaiknya kalian buat lagi akun Mi lain dan gunakan untuk request UBL resmi. Dan gunakan untuk mencoba unlock bootloader dengan cara dan langkah yang sudah admin mifansLA jelaskan di atas.

Catatan: buat akun mi dari browser, jangan dari Mi Account di ponsel. Dan daftarkan juga di MIUI English Forum sebisa mungkin meningkalkan komentar di salah satu trit. Atau bisa juga add friend salah satu akun, boleh juga add friend akun admin mifansLA di forum. Intinya akun forumnya juga aktif selama masa request.

Semoga dengan tips dari admin, kalian bisa berhasil UBL tanpa menunggu 360 jam maupun ‘cuma’ 70 jam. Berhasil luuur? Tinggalkan jejak dan bagikan di group kalian agar manfaat ilmunya…

Comments