Programming bisa jadi hal yang menyenangkan jika dilakukan dengan memakai aplikasi yang tepat —alat pengembangan yang membuat kamu bisa menulis dan mengujicoba kode sumber tanpa masalah dan anti repot. Coding di komputer sudah pasti lebih nyaman berkat dukungak alat yang lengkap. Namun, tak dapat mengalahkan kenikmatan dalam melihat atau menyunting kode sumber dimanapun kamu berada. Nah, inilah kenapa mobile device lebih menarik —Kamu bisa melakukan koding dan mengerjakan proyek dimana-saja, entah kamu sedang ngopi-ngopi cantik, sambil tiduran di tepi pantai, atau sambil menikmati pemandangan diatas gunung.

Ekosistem Android saat ini menawarkan banyak sekali aplikasi pemograman yang bisa dimanfaatkan. Dalam hal ini, Google Play Store penuh dengan aplikasi untuk memenuhi kebutuhan para coder. Berbagai macam code editor, compiler, lingkungan kerja untuk pengembang, adalah salah sedikit kebutuhan coder yang bisa disebut to name a few. Semua aplikasi itu mempunyai fungsi/fitur yang berbeda dan variatif yang menjadikannya semakin sulit menentukan pilihan tool terbaik untuk coding. Untuk itu perkenankan saya memberikan saran untuk kamu, sebut saja sebagai: ”the top 3 code editors for Android that can help you code, edit, compile also run your source code on the move”. Cieee…

Rekomendasi Editor untuk Web Developer

Programming can be fun when done with the right tools

1. Quoda

Quoda bisa dipastikan sebagai best free multi-language code editor untuk Android. Tool ini menjadi pilihan pertama saya, bahkan saya pakai untuk menulis artikel ini. Sebuah aplikasi handal namun editor kode sumber yang sangat mudah dipakai dan punya segudang fitur penting dan hampir semua kebutuhan dasar para progamer software tersedia, lengkaplah pokoknya. Dengan berbagai fungsi peningkat-produktifitas yang bisa mempertinggi tingkat efisiensi pengembangan. Quoda dilengkapi dengan lengkapnya fitur berguna srperti syntax highlightingauto-suggestions, _penanda baris _, auto-indentation, dll.

Fitur Syntax highlighting sendiri punya berbagai pilihan tema dan font untuk berbagai bahasa pemrograman termasuk HTML, XML, CSS, JavaScript, PHP, C, C++, C#, Java, ActionScript, Lisp, Markdown, Haskell dan banyak lagi. Mendukung code templates and snippets, dimana cukup membantu mengurangi beban kerja saat ngoding. Dilengkapi fitur tombol tambahan pada keyboard kamu yang memberikanmu kemudahan saat mengetik dan mempercepat penulisan kode sumber yang membutuhkan karakter khusus. Juga ada fitur lain seperti pencarian dan penggantian teks (find and replace), komentar (comment and uncomment), preview untuk file HTML, website source downloader, HTML cleaner, dan sebagainya.

Quoda

Quoda juga paham akan kebutuhan untuk mengunggah dengan memberikan beraneka pilihan. Quoda bisa dimanfaatkan untuk membuka, editing dan mengunggah berkas-bekas kamu ke server FTP atai FTPS tanpa batasan. Bahakan bisa menyimpan dan memperlihatkan daftar berkas dari layanan cloud storage populer seperti Dropbox and Google Drive, dan sepertinya sudaj bisa dipakai untuk Box and OneDrive (dulu Skydrive) juga. Silahkan coba dengan mngunduh dan memasang aplikasi Quoda dari sini.

2. DroidEdit

DroidEdit, sebuah source code editor dan text writer dengan tampilan antarmuka yang bersih dan sederhana. Punya fitur multi-bahasa didukung dengan fitur-fitur yang membantu kamu mempermudah menyelesaikan tugas dan secara efektif. Bisa dibilang DroidEdit pada Android setara dengan Notepad++ untuk sistem operasi desktop. Yang artinya, bisa dipakai untuk membuka dan memodifikasi berkas teks biasa berbagai kode sumber dari berbagai bahasa pemrograman sama baiknya dengan Notepad++.

DroidEdit mempunyai fitur syntax highlighting yang mendukung kira-kita lebih dari 200 bahasa, dan juga tema built-in selain opsi pengaturan warna tema sesuai selera kamu. Fitur Writer mode DroidEdit berguna untuk mematikan auto-correct dan mengaktifkan fitur spell-checker. Sementara Emmet dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan simple expressions menjadi full-fledged HTML code. Fitur lain semisal line wrap, search and replace, tombol tambahan pada keyboard untuk mempercepat penulisan code dan bahkan mendukung pengeditan system files jika ponsel atau tablet kamu sudah root.

DroidEdit

DroidEdit juga punya fitur pengunduhan dan pengunggahan berkas dari penyedia layanan remote storage. Kamu bisa mengunggah file-file dari server (s)FTP. Bahkan bisa juga membaca dan menulis ke situs penyimpanan awan (cloud storage) seprti Dropbox, Google Drive dan Box. Sebagau tambahan, DroitEdit punya fitur langka, yakni fitur dukungan untuk Git secara ter-integrasi yang membuatnya bisa dipakai untuk melakukan checkout, edit, commit dan push lansung dari ponsel atau tablet android kamu. Sangat direkomendasikan jika kamu suka utak atik kode di situs github.com. Silahkan unduh dan pasang melalui link ini.

3. AWD

Android Web Developer (AWD) bisa dibilang sebagai sebuah tool pengembangan ter-integrasi yang kaya fitur lagi sederhana. Tool AWD bisa kamu pakai untuk ngoding dan membangun sebuah website memakai tablet atau ponsel android kamu. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengedit kode-kode HTML, CSS, Javascript maupun PHP dengan sama baiknya. Nilai lebih dari AWD semdiri adalah pada fitur mode full-screen dan tablet-ready yang cukup membantu meningkatkan kenikmatan kamu dalam ber-koding-ria secara keseluruhan.

Dengan demikian, AWD boleh dikatakan sebagai kode editor yang simpel namun efektif untuk menulis dan menyunting file source code dari proyek yang sedang kamu bangun. Apalagi dengan berbagai macam dukungan fitur produktifitas termasuk code highlighting, code completion, error checking, code beautifying, fast navigation, search and replace among other things. Selain itu AWD juga memberikan akses untuk melakuka quick preview dari halaman situs yang sedang kamu garap langsung dalam aplikasi ini.

AWD

Dengan AWD, kamu bisa mengatur remote projects dengan lebih mudah dengan menyediakan banyak alternatif cara cepat untuk menjangkau poject kamu. Aplikasi ini bisa bekerja dalam mode offline maupun mode online atau remote. Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mengunggah dan mengunduh file dari FTP, FTPS dan SFTP servers. Dari sekian fitur yanh sudah disebutkan itu, masih ada lagi fitur yang menarik, yakni dukungan untuk WEBDav yang berguna untuk mengakses dan menyimpan proyek website yang sedang kamu buat. Kamu bisa mengunduh dan memasangnya dari sini.

2 Aplikasi Editor Kode Sumber Terbaik Untuk Progammer

Sementara itu, ada 2 kode editor terbaik lain. Juga menawarkan fasilitas setara dan kurang lebih sama, bahkan lebih baik, yakni: AIDE dan CppDroid. Keduanya juga menawarkan fungsionalitas dan fitur-fitur menarik, tak kalah dibanding 3 kode editor untuk developer dalam artikel ini. Untuk mencoba AIDE, kamu bisa unduh dan pasang dari sini sedangkan CppDroid bisa di pasang dari link ini.

Jadi, kamu lebih suka editor kode yang mana? Atau kamu sudah punya editor kode favorit kau sendiri? Yuk disqus-ikan di kolom komentar.

Comments