Kecuali kamu menggunakan devices Xiaomi terbaru atau mengganti ROM dengan AOSP based, kamu belum bisa mencicipi Android Oreo. Bahkan baru saja beberapa dari kita (MIUI) bisa menikmati android Nougat dalam update MIUI 9, Google sudah mengeluarkan OS Android terbaru-nya dengan codename Android P.

Menelanjangi Fitur-fitur Android 9.0

Meskipun masih dev-preview, Android 9.0 ini menjadikan update MIUI 9 berbasis Android Oreo yang juga masih beta dan cuma terbatas pada ponsel high-end jadi terasa tak bermakna.

Kecewa? Mungkin. Untuk mengobati rasa kecewa (atau bisa jadi lebih membuat patah hati?).

Gambaran Umum Perubahan dan Fitur Baru Android 9.0

Berikut ini akan kita bahas seperti apa fitur yang akan diusung oleh Android P. Sebelum itu, berikut ini beberpa perubahan dan fitur terbaru Android 9.0 sesuai dengan update pertama developer preview secara garos besar.

No.Perubahan Antarmuka pada Android P Developer Preview 1
1Antarmuka baru untuk settings/quick settings.
2Gaya pemberitahuan baru untuk perpesanan.
3Animasi transisi dan notification expansion yang baru.
4Pembaruan Pixel Launcher dengan ikon pencarian suara dan dock yang lebih prominent.
5Battery saver tidak lagi ditandai dengan status bar berwarna orange.
6Always on display memperlihatkan info baterai dan pusat pemperitahuan.
7Easter Egg baru untuk Android P.
8Layar About phone sekarang memperlihatkan info tambahan pada jendela munculan (popup window).
No.Quality of Life changes in Android P Developer Preview 1
1Penyunting tangkapan layar terintegrasi.
2Tombol penangkap layar (screenshot) dalam menu daya.
3Pembesar tampilan teks yang ditandai (seperti milik iOS)
4Battery saver sekarang bisa dijadwalkan.
5Fitur Do Not Disturb lebih disederhanakan menjadi satu mode.
6Tombol Volume berfungsi sebagai pengatur suara media secara bawaan.
7Adaptive Brightness menjadi lebih berguna karena bisa merubah dasar dari tingkat kecerahan layar.
8Hotspot bisa mati sendiri jika sudah tidak ada device yang terhubung
9Rotasi layar bisa dipaksa pada mode landscape.
10Dukungan untuk Multi-Bluetooth HFP/A2DP
11Jaringan Wi-Fi pribadi bisa disetel sebagai metered/unmetered
12Private DNS (DNS-over-TLS)
13Pengendali getar dalam Pengaturan Accessibility
14Accessibility option untuk mematikan semua animasi
15SysTrace tool sekarang jadi fitur bawaan
16Pemberitahuan Recently posted sekarang ditampilkan pada notification settings

Nah, tabel di atas menunjukkan gambaran umum dan ringkas fitur baru dan ubahan pada Android 9.0.

Untuk lebih memperjelas lagi fitur yang dimiliki oleh Android P yang tersaji dalam Developer Preview, Silahkan simak pembahasan untuk masing-masing fitur tersebut.

Perubahan Antarmuka (UI) Android P

Perubahan Antarmuka Material Design 2 (?)

Meskipun antarmuka (UI) yang baru ini belum diberi nama, sepertinya desain baru ini bakal diberi nama Material Design 2, antarmuka Android dipoles dengan nuansa warna yang baru. Perubahan mencolok terlihat pada tata letak quick settings yang sekarang tersusun secara vertikal dimana sebelumnya ditata mendatar. Perubahan besar juga terlihat pada menu Settings (pengaturan). Selain itu, jika kamu perhatikan, ada sedikit perubahan pada tampilan status bar.

https://www1-lw.xda-cdn.com/files/2018/03/Android-P-Developer-Preview-Android-9-Feature-1.png https://www1-lw.xda-cdn.com/files/2018/03/Android-P-Developer-Preview-Android-9-Feature-8.png https://www1-lw.xda-cdn.com/files/2018/03/Android-P-Developer-Preview-Android-9-Feature-7.png

Seperti yang bisa kamu lihat dari screenshoot (SS) di atas, semua ikon dalam Pengaturan punya warna yang bervariasi. Perubahan ini tentu lebih menarik jika dibandingkan dengan ikon-ikon dalam menu pengaturan Android Oreo yang terkesan hampa dengan warna abu-abu yang “terasa mati”. Sedangkan pada quick settings, semua toggle sekarang berbentuk membulat dan saat aktif berubah warna menjadi biru. Sayangnya, kamu tidak lagi bisa membuka quick settings dr dalam notification shade.

Jika kamu melihat status bar, letak jam terlihat agak bergeser ke kiri. Setidaknya, ini membuat ikon dan yeks pada statis bar terlihat lebih tersebar dengan baik. Oh ya, jika kamu perhatikan lebih lanjut, Night Light jika akan aktif, sekarang tampil dalam quick settings.

Gaya Pemberitahuan Pesan yang Baru

https://www1-lw.xda-cdn.com/files/2018/03/Android-P-Notifications-1.jpg https://www1-lw.xda-cdn.com/files/2018/03/Android-P-Notifications-2.jpg

Untuk fitur ini mungkin sedikit kontroversial. Lihat SS di atas, pemberitahuan punya gaya baru. Isi pesan yang masuk ditampilkan secara penuh, termasuk stiker dan gambar. Smart replies juga muncul seperti fitur quick reply milik aplikasi chat.

https://www1-lw.xda-cdn.com/files/2018/03/Android-P-Notification-512x1024.png

Saat kamu menekan lama pada panel pemberitahuan, akan muncul tombol “stop notifications” atau “keep showing”. Cara yang lebih cepat untuk menghilangkan pemberitahuan dari aplikasi tanpa harus membuka menu pengaturan.

Animasi Transisi Baru

Perubahan pada bagian ini adalah yang paling mudah disadari. Ada animasi baru untuk perpindahan antar aktifitas/aplikasi, dan animasi baru saat membuka dan menutup aktifitas/aplikasi dari menu pemberitahuan. Untuk lebih jelas, bisa kamu lihat dari video berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=Eqwge3hRYO8 https://www.youtube.com/watch?v=OFATDhoSsQs

Perubahan Dialog pilihan Media atau USB

https://www1-lw.xda-cdn.com/files/2018/03/Android-P-Developer-Preview-Android-9-Feature-5.png https://www1-lw.xda-cdn.com/files/2018/03/Android-P-Developer-Preview-Android-9-Feature-6.png https://www1-lw.xda-cdn.com/files/2018/03/Android-P-USB-Settings.png

Sedikit perubahan dan design baru juga menyentuh pada menu pilihan keluaran media Bluetooth yang kini berupa jendela munculan (pop-up) saat kamu menekan tanda panah pada panel suara, dimana panel suara ini muncul dibagian samping layar, bukan lagi dibagian atas. Tampilan USB settings juga mendapat modifikasi kecil.

Pixel Launcher

Perubahan yang hampir tak terlihat pada Peluncur Pixel (yang telah di porting ke perangkat lain). Sekarang bilah penelusuran memiliki ikon mikrofon sehingga kamu bisa memulai penelusuran suara. Latar belakangnya sekarang juga lebih menonjol, segingga terlihat lebih jelas antara dock menu dan launcher.

Battery Saver tak lagi berwarna Orange

https://www1-lw.xda-cdn.com/files/2018/03/Android-P-Developer-Preview-Android-9-Feature-12-512x1024.png

Yoi, fitur paling menggangu mata ini akhirnya hilang! Sebelumnya, jika kamu mengaktifkan mode Battery Saver, bilah status berubah warna menjadi oranye yang mengganggu mata dan terasa menyebalkan. Dalam Android P, fitur ini dihilangkan.

Google Pixel 2 Always on Display menunjukkan informasi Battery, pemisah antara Between Waktu dan Pemberitahuan

https://www1-lw.xda-cdn.com/files/2018/03/Android-P-Always-on-Display.jpg https://www1-lw.xda-cdn.com/files/2018/03/android-p-ambient-notification.png

Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL adalah ponsel Google pertama yang mendapat fitur always on display. Dalam Android Oreo, fitur ini cuma menunjukkan jam, tanggal, alarm dan ikon pemberitahuan terbaru. Dalam fitur ini juga mendukung fitur “Now Playing” yang menampilkan judul lagu yang dimainkan saat ini. Dan untuk Ansdoid P, ada tambahan tampilan informasi baterai, sedang mengisi atau tidak dan perkiraan hingga baterai habis. Semua notifikasi ditengahkan.

Android P Easter Egg dan Perilaku Baru About Phone

https://www1-lw.xda-cdn.com/files/2018/03/Android-P-About-Phone-Dialog.png https://www1-lw.xda-cdn.com/files/2018/03/Android-P-Easter-Egg.png

Easter Egg, sudah pasti ada yang bari disetiap update versi Android. Meskipun demikian, easter egg yang baru ini belum final, karena nama resmi dari Android P masih belum dikonfirmasi. Yang lebih menarik tentu perilaku baru dari halaman About Phone, Informasi sekarang ditampilkan dalam jendela munculan saat kamu memilih bagian tertentu.

Perubahan Fungsional dan Tambahan Fitur Android P

Screenshot Editor

https://www1-lw.xda-cdn.com/files/2018/03/Android-P-Developer-Preview-Android-9-Feature-3.png https://www1-lw.xda-cdn.com/files/2018/03/Android-P-Developer-Preview-Android-9-Feature-4.png

Fitur ini sebenarnya sudah menjadi kebutuhan pada ponsel Android. Sebelumnya, jika kamu ingin mengedit SS pada ponsel Google, kamu haris memasang aplikasi tambahan untuk mengedit hasil SS. Sekarang, setelah melakukan SS,/akan muncul tombol Edit yang akan membuka editor gambar meskipun hanya fitur dasar saja. Bandingkan dengan editor SS bawaan MIU yang lebih lengkap.

Screenshot pada menu daya

https://www1-lw.xda-cdn.com/files/2018/03/Android-P-Screenshot-in-Power-Menu-512x1024.png

Tak perlu repot dengan kombinasi tombol saat ingin mengambil tangkapan layar. Kini cukup menekan tombol SS yang ada di power menu (menu daya).

Text Selection Zoom

Saat kamu memilih teks atau mengeser kursor teks ke depan dan ke belakang, posisi kursor akan ditampilkan lebih besar sehingga kamu bisa meletakkkan kuraor lebih presisi dan pas di lokasi yang kamu inginkan. Lihat video berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=I8z3R-QgXmo

Penjadwalan Battery Saver

Secara default, Android Oreo hanya membolehkan untuk menjadwalkan battery saver mode pada 5, 10, dan 15 persen dari kapasitas baterai. Android P keleluasaan lebih dengan memberikan pilihan untuk menggeser penanda pada kapasitas baterai tersisa yang diinginkan, agar battery saver aktif.

Do Not Disturb Simplification

Do Not Disturb (DnD) quick settings toggle sekarang menampilkan durasi aktivitas yang mempermudah kamu dalam merubah status dengan cepat dengan menghilangkan 3 mode, total silence, alarms only, dan priority only dengan satu pilihan saja yang bisa diatur dalam menu settings.

Media Volume secara Default

Rejoice! Ketika kamuenekan tombol volume, secara bawaan akan merubah volume media, bukan volume suara telepon/panggilan. Dimana sekarang pengaturan volume telepon dipisahkan dan hanya aktif saat saat melakukan panggilan saja.

Adaptive Brightness sekaligus merubah dasar tingkat Kecerahan

Google’s Adaptive Brightness saat ini terlihat merubah presentase kecerahan layar, yang membuatnyanlebih mirip dengan fitur Automatic Brightness sebelumnya. Artinya, kamu tidak perlu merubah kecerahan layar secara manual saat kamu berpindah keluar ruangan.

Hotspot otomatis mati jika tak ada perangkat terhubung

Fitur ini bisa menjadi fitur tambahan berarti pada fitur hotspot. Kini hotspot yang kamu aktifkan bisa mati sendiri ketika sudah tak ada lagi perangkat yang terhubung. Ini bisa membantu kamu yang sering lupa sehingga kamu bisa lebih menghemat kapaaitas baterai ponsel kamu.

Rotasi layar bisa dikunci pada mode Landskap

Peeubahan ini sangat tidak kentara dan mudah untuk dilewatkan dan hpir tak disadari. Jika kamu menon-aktifkan auto-rotate pada Android P dan mencoba mencoba untuk membalik layar, tombol navigation bar baru akan muncul untuk merubah orientasi layar menjadi lanskap dan menguncinya. Sebelumnya, rotation lock hanya akan mengunci perangkat pada mode potrait.

Multi-Bluetooth HFP/A2DP Support:

A new developer option has been added which allows your device to connect to up to 5 Bluetooth Hands-Free or A2DP devices. This does not allow you to stream to multiple devices at the same time, but it will make switching between active Bluetooth connections much more seamless as you won’t have to wait for the disconnection/connection process each time.

Menentukan jaringan Wi-Fi sebagai Metered/Unmetered

Jika kamu terhubung pada jaringan Wi-Fi yang terukur (di set pembatasan data, mobile tethered), tentu kamu merasa sedikit kuatir, jangan-jangan melebihi kuota. Android bisa secara otomatis mendeteksi jaringan semacam ini, akan tetapi, dalam beberapa kasus gagal, untuk itu pada Ansroid P kamu bisa mengatur dan menentukan jenis jaringan WiFi yang kamu pakai apakah termasuk metered atau unmetered.

Private DNS (DNS-Over-TLS)

Jika kamu punya DNS sendiri yang mendukung koneksi TLS, maksudnya DNS tersebut tidak akan merekam alamat situs yang kamu kunjungi, maka pada Android P ada menu baru dalam pengaturan untuk merubah dan mengatur penyedia layanan DNS prifat.

Kendali Getaran

Dalam menu Accessibility Settings terdapat pengaturan pengendali getaran baru. Ini akan membuatmu bisa menentukan apakah kamu ingin fitur getar ini aktif atau tidak saat ada panggilan masuk, pemberitahuan, atau sentuhan pada layar. Kamu juga bisa menwntukan tingkat getaran, apakah keras, menengah atau getaran lemah.

Menonaktifkan Animasi

Dalam Accessibility Settings juga ada pengaturan untuk mematikan semua animasi. Meskipun sebenarnya akses ini ada dalam developer option (pengaturan pengbang) tetapi dengan begini akan lebih mudah untuk mengakses-nya bagi pengguna awam kan?

SysTrace Tool

 Ini bisa jadi hanya menarik bagi para pengembang, tetapi Google menawarkan jalan yang mudah untuk nengambil SysTrace dari perangkat. No need to hook up your phone anymore. Sehingga kamu bisa mengambill data (log) sistem yang kemudian bisa kamu analisa. Menu ini muncul dalam quick setting.

Last Shown Notifications:

Android selalu menyimpan rekaman pemberitahuan (dalam catatan notification), tetapi rekaman ini tersembunyi dari pengguna. Dalam pengaturan pemberitahuan, Andeoid P setidaknya menampilkan sejarah pemberitahuan yang berguna. Tetapi tidak akan menampilkan isinya. Tujuan untuk ini adalah untuk memberi gambaran singkat agar kamu bisa membuka akses dari pemberitahuan yang tidak sengaja kamu hapus.

Feature Flags to Test In-Development Settings

Untuk fitur yang satu ini kemungkinan besar akan dihilangkan dalam update Android mendatang. Akan tetapi kamu tetap bisa mengaktifkan flags ini seperti flags yang ada dalam Google Chrome. Meski untuk saat ini belum begitu berguna, bisa jadi akan bamyak berguna dalam perkembangannya.

source: https://www.xda-developers.com/everything-new-android-p-developer-preview/

Comments